Minggu, 15 Juli 2012

Penampakan Kupu-Kupu Biru di Vela C REGION !!!

Penampakan "kupu-kupu biru" di Vela C region. Vela c region dikenal sebagai tempat pembibitan bintan dimana bintang-bintang baru lahir. Klik gambar untuk memperbesar. image credit: ESA/PACS and SPIRE Consortia, T. Hill, F. Motte, Laboratoire AIM Paris-Saclay, CEA/IRFU - CNRS/INSU - Uni. Paris Diderot, HOBYS Key Programme Consortium

Penampakan "Kupu-kupu biru" di Vela C region menarik perhatian para astronom. Gambar tersebut diambil oleh ESA's Herschel space observatory dan menunjukkan bintang-bintang muda dengan massa yang berbeda, berkumpul dan dipanaskan dalam gumpalan debu dan gas yang panas.


Daerah yang berbentuk menyerupai kupu-kupu dengan kombinasi biru dan kuning merupakan daerah dimana debu dipanaskan oleh bintang-bintang muda. Beberapa kelompok bersuhu sangat panas dan membentang di sepanjang tubuh kupu-kupu tersebut memancarkan radiasi dan terlihat berwarna kuning pada gambar di atas.

Bintang dengan massa yang besar akan "mati muda" dan menyala terang hanya dalam waktu singkat (menurut skala kosmis). Bintang dengan ukuran delapan kali massa Matahari kita, akan meledak dalam bentuk ledakan supernova pada usia 10 juta tahun. Vela C region sendiri merupakan bagian dari Vela complex (komplek Vela).

Sumber : Astronomi.us

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggal Kan Komentar Jika Ingin Memberi Masukan dan Kritikan

Gunakanlah Bahasa Yang Baik Dan Sopan =)

Salam, Rhey